Cara Mengatasi Touchscreen Smartphone Android Yang Error

Cara Mengatasi Touchscreen Smartphone Android Yang Error / Smartphone android saat ini sudah menjadi smartphone pilihan masyarakat Indonesia karena selain harganya murah, cara mengoperasikannya juga sangat mudah. Berbagai merek smartphone android telah hadir di dunia gadget dan masing-masing smartphone yang berbasis android tentunya mengusung mesin yang berbeda-beda. Secanggih apapun smartphone android, pasti akan cepat mengalami kerusakan jika penggunanya tidak berhati-hati dalam menggunakannya dan biasanya bagian yang sering mengalami kerusakan adalah touchscreen. Touchsreen error pada smartphone merupakan masalah yang harus segera diatasi oleh penggunanya agar smartphonenya dapat difungsikan kembali. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi touchscreen error dan cara mengatasi touchsreen error di smartphone android cukup gampang.

Cara mengatasi touchscreen smartphone android yang error merupakan cara yang harus diketahui oleh semua pengguna smartphone berbasis android. Fungsi touchscreen pada perangkat android sangat vital, maka tak heran jika touchscreen rawan terhadap kerusakan atau error. Error yang menimpa touchscreen smartphone bisa saja masih dapat digunakan, namun agak sulit untuk dijalankan karena sensitifitasnya turun. Untuk mengatasi touchscreen yang sensitifitasnya menurun, penggunanya dapat melakukan kalibrasi ulang lewat menu setting -> display -> calibration. Pengecekan tingkat sensitifitas dapat dilihat menggunakan kode *#*#2664#*#* dan jika sudah sesuai, dapat dilakukan reboot smartphone android supaya pengaturannya tersimpan dengan sempurna. Akan tetapi jika masih saja tidak berfungsi, maka penggunanya dapat mengambil langkah lain seperti factory reset atau mengganti layarnya dengan yang baru. Misalnya untuk cara mengatasi touchscreen error seperti tidak berfungsi namun masih dapat menampilkan gambar yaitu dilakukan reboot karena error tersebut disebabkan oleh sistem yang crash. Cara mengatasi touchscreen smartphone android yang error tentunya tergantung dari penyebabnya karena kerusakan bisa terjadi pada hardware atau touchscreen terlalu sensitif. Adapun beberapa cara mengatasi touchscreen error atau tidak berfungsi adalah sebagai berikut:

Cara Memperbaiki Layar Sentuh Smartphone Pintar :

Cara Mengatasi Masalah Pada Layar Sentuh

  1. Membersihkan RAM

Sebelum mengatasi layar smartphone android yang error, penggunanya harus mengetahui terlebih dulu penyebab kemacetannya dengan cara mengeceknya. Diantara salah satu penyebab yaitu karena memori RAM terlalu penuh, sehingga kinerjanya menurun dan tidak dapat bekerja secara maksimal.

  1. Restart Smartphone Android

Untuk pengguna Iphone harus menutup aplikasi sebelum melakukan restart, kemudian masuk ke menu sleep -> geser slidernya hingga icon apple muncul -> nonaktifkan. Sedangkan untuk perangkat windows caranya adalah masuk ke menu setting -> power -> restart.

  1. Kalibrasi

Fungsi kalibrasi adalah untuk menyesuaikan layar dengan sentuhan dan setiap perangkat pasti berbeda sistem operasi kalibrasinya. Untuk smartphone yang menggunakan windows, caranya adalah masuk ke tombol start lalu pilih jenis kalibrasinya.

  1. Membuang aplikasi yang tidak penting

Aplikasi pada smartphone android yang terlalu banyak ternyata dapat memperlambat kinerja RAM sehingga memicu terjadinya error di layar smartphone android. Oleh karena itu, para pengguna smartphone sebaiknya membatasi install aplikasi di smartphone android kesayangannya. Itulah cara yang dapat dilakukan ketika touchscreen smartphone android mengalami error dan cara mengatasi touchscreen error pada smartphone android dengan cara factory reset tidak dianjurkan karena dapat menghilangkan semua data pada perangkat.

Cara Mengatasi Touchscreen Smartphone Android Yang Error | hendri | 4.5